Manusia Aneh Yang Terdapat Di daerah Sulawesi Selatan

Posted by Michael Js 22.29, under | No comments

S
ebagai admin my-browser yg pernah tinggal didaerah sulawesi selatan tentunya pernah merasakan dan mendengar cerita misteri khususnya yang berhubungan dengan sesuatu yang mistis. Cerita misteri ini berhubungan dengan keberadaan beberapa orang manusia aneh yang mempunyai keunikan, kebiasaan, dan kelebihan tertentu.

Berdasarkan kisah nyata secara turun temurun, dijelaskan bahwa terdapat beberapa jenis manusia aneh yang sering menampakkan diri pada saat-saat tertentu dengan cara tertentu pula di luar kebiasaan manusia biasa. Berikut Beberapa manusia aneh yang diceritakan:

Poppo

Manusia aneh yang disebut dengan Poppo ini adalah seseorang yang mempunyai kemampuan bisa terbang ke udara. Kemampuan ini dimiliki karena orang tersebut menguasai ilmu Poppo dan biasanya dipelajari berdasaran turun temurun.

Konon ceritanya, orang yang menganut ilmu poppo memiliki ciri khas khusus seperti akan terlihat gesit saat bekerja di siang hari, matanya selalu memerah, dan suka meludah-ludah. Konon bila malam hari manusia poppo ini akan terbang mencari buah-buahan atau mangsa lainnya. Dan sebelum terbang, dia menyimpan jeroannya di pammakang (lantai atas rumahnya/tempat menyimpan padi).

Ada 2 macam manusia aneh poppo, pertama manusia poppo sallang, jenis poppo ini berbahaya karena bisa memangsa orang-orang yang sedang sakit dan yang kedua adalah poppo mandala, jenis ini tidak berbahaya, karena yang ia cari hanyalah buah-buahan pada malam hari.


Parakang

Manusia aneh yang disebut dengan Parakang adalah seorang manusia yang bisa berubah-ubah menjadi hewan, benda dan apa saja yang bentuk dan modelnya aneh dan menyeramkan, namun beda dengan yang aslinya.

Kemampuan seseorang yang bisa berubah wujud ini karena diyakini orang tersebut menguasai ilmu yang disebut dengan ilmu Parakang. Sebagai contoh, misalnya dia berubah menjadi harimau, namun harimau hasil jelmaan manusia yang mempunyai ilmu parakang ini berbeda dengan harimau betulan atau harimau yang sebenarnya. Konon manusia Parakang ini amat berbahaya, bisa memakan orang-orang sakit atau bayi.

Cara memperoleh Ilmu parakang bisa didapat berdasarkan keturunan atau mempelajarinya langsung kepada ahli ilmu parakang. Keberadaan manusia aneh Parakang atau ilmu Parakang masih diceritakan secara turun temurun hingga saat ini.


Tujua

Manusia aneh Tujua hingga saat ini paling melegenda di Sulawesi Selatan, konon dalam cerita yang beredar di masyarakat Sul-Sel, manusia aneh Tujua ini adalah berasal dari 7 orang anak raja yang nakal sekali, saking nakalnya, ketika mereka meninggal, tidak diterima di akhirat, dalam arti cerita mitosnya, sampai saat ini ke-7 orang anak raja yang nakal tersebut masih hidup gentayangan antara alam dunia dan alam akherat.

Konon lagi, kuburan dari manusia aneh Tujua ini adalah 7 kuburan yang terdapat di lapangan karebosi. Roh dari manusia aneh Tujua ini, katanya dapat digunakan untuk menyantet sesorang, dan sampai sekarang masih banyak yang percaya akan adanya roh manusia aneh Tujua ini.

Dari ke-7 orang Tujua ini, katanya lagi, si bungsulah yang paling ampuh untuk digunakan menyantet seseorang, sibungsu ini katanya memiliki bibir yang sumbing dan tidak bisa bicara alias bisu.


Tallu Ana

Manusia aneh Tallu Ana ini adalah roh seorang perempuan yang akan muncul bila kabut turun, katanya Tallu Ana ini suka menyembunyikan anak kecil di istananya, tapi anak kecil ini tidak diapa-apakan, hanya disembunyikan saja.

Dia biasanya, para penduduk setempat yang berada di di dekat hutan, jika ada anak kecil yang hilang, maka mereka akan mengatakan kalau anak kecil tersebut disembunyikan oleh Tallu Ana, dan mereka biasanya menyembunyikan anak-anak tersebut di hutan selama 3 hari.


Konkong Pancing

Manusia aneh Konkong pancing ini katanya bermukim di gunung Bawakaraeng. Konkong pancing ini punya group dalam menyatroni kampung-kampung kalau malam hari.

Group dari konkong Pancing ini sendiri, terdiri dari si Konkong Pancing sendiri (berwujud seekor anjing siluman), burung siluman, kuda siluman dan si penunggang kuda yang merupakan sang bigboss, siluman ini biasa disebut Tu Mappilelea atau yang menyebarkan, maksudnya yang menyebarkan bencana pada malam hari.


Sumber:
http://www.paranormalindonesia.info/2010/10/misteri-manusia-aneh-di-sulawesi.html

walaupun artikelnya saya ambil dari website diatas, tetapi cerita diatas memang benar kenyataannya seperti begitu. sebab admin sendiri dulu pernah tinggal didaerah tersebut.

Berikut saran admin my-browser yg berguna buat si pembaca ...
Jika/kelak sobat ingin berencana tinggal atau sekedar backpacking di sulawesi selatan khususnya didaerah pedalaman/desanya atau mungkin dipinggiran kotanya.

  • Jika ada kerabat sobat yg sakit, Jgn pernah sobat tinggalkan dia dalam keadaan sendirian
  • Jika sobat punya anak, jgn pernah menginzinkan anak sobat untuk bermain sembunyi-sembunyi (petak umpet) menjelang magrib.
  • Jika sobat punya Istri yg baru saja melahirkan, jgn pernah meninggalkan dia dalam keadaan sendirian walaupun dia berada didalam kamar.
  • Selalu menaruk/melekatkan Parang/golok di balik Pintu belakang rumah. Tak heran jika sobat kalau mengunjungi sebuah rumah seseorang selalu terdapat parang di tancapkan didekat pintu rumah belakangnya. Itu disebabkan karena dia terkadang masuk melalui pintu belakang.
  • Sapu lidi di letakkan dikamar, walaupun kelihatan lucu, tapi konon sapu lidi ini juga mampu mengusir manusia aneh tersebut walaupun tidak semuanya.

Dan terakhir, semua itu terjadi karena kehendak Sang Khalik, Oleh karena itu mintalah pertolongan kepadaNya untuk terhindar dari gangguan setan yg mengganggu anda.

Bagaimana? sobat takut ? akh... cemen nie ...

Bukan admin menakuti sobat tapi sekedar info untuk mengetahuinya saja, soalnya saran-saran tersebut, admin sendiri yg mendengarnya dari penduduk setempat (itu dulu pada tahun era 1990-2000, tau akh kalau sekarang bagaimana ?) hehehe ....

*Dengar-dengar kabar sih, masih ada ... hahahaa ...


0 komentar:

Posting Komentar

Jika masih membingungkan, silahkan tinggalkan komentar